Terapi Pengobatan Herbal Asam Lambung

Lezatnya Cincau Sebagai Terapi Pengobatan Herbal Asam Lambung

Jika Anda merasakan gangguan pada lambung yang mengakibatkan mual, kembung, serta rasa yang kurang nyaman pada lambung maka bisa diindikasikan bahwa Anda mengalami asam lambung. Gangguan lambung tersebut apabila tidak segera diatasi maka dapat berdampak pada gangguan organ tubuh lainnya.

Pengobatan asam lambung bisa dilakukan dengan menggunakan obat kimia atau obat herbal. Obat kimia dapat membantu penyembuhan asam lambung secara cepat namun dapat memberi efek samping bagi tubuh. Untuk menghindari dampak dari obat kimia, terapi pengobatan herbal  asam lambung bisa dilakukan dengan menggunakan obat herbal.

Obat herbal sangat aman bagi tubuh karena tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh sehingga aman jika dikonsumsi  dalam jangka panjang. Di Indonesia memiliki kekayaan tanaman herbal yang bisa menjadi bahan pembuatan obat herbal. Tanaman tersebut sangat mudah didapatkan karena banyak ditanam disekitar tempat tinggal bahkan banyak dijual di pasar tradisional.

Tanaman Cincau untuk Mengobati Asam Lambung

Terapi pengobatan herbal asam lambung dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman cincau. Cincau dikenal sebagai bahan minuman dan dipercaya  sangat bagus bagi pencernaan. Ternyata cincau bisa digunakan sebagai obat asam lambung. Pengolahan cincau sebagai terapi pengobatan herbal  asam lambung bisa dipraktikkan di rumah karena prosesnya cukup mudah.

Pembuatan obat herbal dari cincau bisa dilakukan dengan menyiapkan 80 gram daun cincau yang masih basah. Cuci daun tersebut lalu  giling  sampai halus, remas-remas dengan air untuk memperoleh sari daun cincau. Saring dan tambahkan air paur sirih untuk membantu proses pengentalan air cincau. Diamkan larutan tersebut hingga menggumpal dan mengeras.

Cincau yang sudah mengeras ini bisa dikonsumsi dengan sirup sebagai terapi pengobatan herbal  asam lambung. Selain dikenal rasanya yang lezat, cincau juga dapat membantu meredakan asam lambung.


Sebagai terapi pengobatan herbal  asam lambung, cincau ini bisa dikonsumsi 3 kali sehari dengan takaran gelas 200ml untuk setiap kali minum. Selain nyaman di lambung, pengobatan asam lambung dengan cincau ini juga lezat dan segar untuk menghilangkan dahaga.

Demikianlah penjelasan mengenai terapi pengobatan herbal  asam lambung dengan menggunakan cincau. Proses pengobatan herbal dengan daun cincau termasuk mudah untuk dibuat di rumah dan rasanya juga segar dan lezat. Jika mengkonsumsinya secara rutin maka asam lambung akan berangsur reda.